Wednesday, February 16, 2011

Solder dan timah solder

Sinometer 60 Watts Soldering Iron, UL listed
Solder
Solder dan timah solder bisa dibilang peralatan wajib yang harus dimiliki. Bahkan bisa dibilang bukan orang elektro namanya kalau solder saja tidak punya:D. Banyak besi solder dijual dipasaran dalam bentuk, kualitas, dan harga yang bervariasi. Anda jangan sampai salah dalam memilih besi solder ini karena belum tentu yang mahal berkualitas baik. Seperti pengalaman pribadi, sekitar 5 tahun yang lalu saya pernah membeli besi solder model pistol, pada waktu itu seharga Rp.40.000 dan ternyata sangat mengecewakan kualitasnya dan hanya

bertahan sekitar 1 tahun. Berbeda sekali dengan solder yang saya punya sekarang, hampir kurang lebih 4 tahun yang lalu saya beli dan masih bertahan hingga sekarang, waktu itu saya beli seharga Rp. 18.000 dan belum pernah mengganti bit(mata solder) sama sekali. Itu semua tergantung pada kesabaran kita dalam memilih dari satu toko ketoko yang lain.

Aoyue 937+ Digital Soldering 
Station
Solder dengan panas yang bisa diatur
Alangkah baiknya kalau kita memiliki besi solder dengan 2 macam daya berbeda, dan yang ada dipasaran adalah 30w untuk menyoder komponen yang peka terhadap panas seperti IC dan 40w. Ada juga besi solder yang menawarkan 2 daya sekaligus seperti model pistol, dalam kondisi normal hanya berdaya 30w dan bila saklar di tekan daya akan berubah 100w, namun daya sebesar ini akan merusak komponen dan hanya dikhususkan untuk menyambung plat ataupun konektor dalam ukuran besar. Saya sendiri karena alasan ekonomi lebih memilih memiliki satu solder saja yang berdaya 40w, itu sudah cukup untuk menangani sebagian besar pekerjaan kita dalam elektronika ini. Akan tetapi anda harus berhati hati bila menyolder komponen semi konduktor yang peka terhadap panas berlebih. Tapi itu pun bisa diatasi asalkan tahu tekniknya yang akan dibahas dalam bahasan lain. Untuk timah solder pun kita jangan sampai salah pilih karena tiap merk belum tentu sama kualitasnya. Anda bisa bertanya kepada yang sudah berpengalaman atau mencoba satu per satu dan membandingkanya.Ukuran timah yang paling sering digunakan adalah 18 swg karena lelehanya cukup untuk tiap sambungan dan mudah dalam pemakaianya. Timah dengan ukuran ini juga dapat digunakan untuk sambungan yang lebih rumit dan lebih kecil. Anda dapat membeli timah ini dalam bentuk kumparan seperti kumpatran benang pancing ataupun beli per meter. Bila anda sering mengerjakan solder menyolder tidak ada salahnya jika anda membeli gulungan dengan harga yang sedikit memberatkan kantong tentunya. Akan tetapi lebih irit per meter jika hanya butuh pemakaian sedikit, biasanya toko menjualnya dengan harga Rp.1000/meter.



0 Comments:

blogger templates | Make Money Online