Sunday, February 20, 2011

Cara mengecek transistor

A.  Mengecek Transistor Jenis PNP
Atur batas ukur ohm meter R x 100
Ukur dioda basis-emitor :

  1. Hubungkan kabel meter negatif (-) ke emitor dan kabel meter positif (+) ke basis. Jarum meter menyimpang ke kanan karena dioda basis-emitor mendapat tegangan menghantar penahannya kecil.
  2. Hubungkan kabel meter positif (+) ke emitor dan kabel meter negatif (-) ke basis. Jarum meter hanya bergerak sedikit ke kanan karena dioda basis-emitor mendapat tegangan menentang penahannya besar.
Ukur dioda kolektor-basis :
  1. Hubungkan kabel meter negatif (-) ke kolektor dan kabel meter positif (+) ke basis. Jarum meter menyimpang ke kanan karena basis mendapat tegangan penghantar penahannya kecil.
  2. Hubungkan kabel meter positif (+) ke kolektor dan kabel meter negatif (-) ke basis. Jarum meter hanya bergerak sedikit ke kanan karena basis mendapat tegangan menentang penahannya besar.
Akhirnya ukur penahan kolektor-emitor. Pada beberapa macam transistor batas ukur ohm meter perlu dipindah ke R x 1000 / 1K.
Hubungkan kabel meter positif (+) ke kolektor dan kabel meter negatif (-) ke emitor. Jarum meter menyimpang ke kanan.

B.  Mengecek Transistor Jenis NPN
Atur batas ukur ohm meter R x 100
  1. Hubungkan kabel meter positif (+) ke emitor dan kabel meter negatif (-) ke basis. Jarum meter menyimpang ke kanan karena dioda basis-emitor diberi tegangan menghantar penahannya kecil.
  2. Hubungkan kabel meter negatif (-) ke emitor dan kabel meter positif (+) ke basis. Jarum meter hanya menyimpang sedikit ke kanan karena dioda basis-emitor diberi tegangan menentang penahannya besar.
  3. Hubungkan kabel meter positif (+) ke kolektor dan kabel meter negatif (-) ke basis. Jarum meter hanya bergerak sedikit ke kanan.
  4. Hubungkan kabel meter negatif (-) ke kolektor dan kabel meter positif (+) emitor. Jarum menyimpang ke kanan.
Kejadian diatas menyatakan transistor dalam kondisi baik.

C.  Menentukan Hubungan Kaki dan Jenis Transistor
Salah satu cara menentukan hubungan kaki dan jenis transistor adalah sebagai berikut :
  1. Hubungkan salah satu transistor secara tetap.
  2. Sentuhkan kabel meter lainnya secara berganti-ganti ke kedua kaki transistor lainnya.
  3. Usahakan agar jarum meter selalu menyimpang ke kanan dengan cara menukar-nukar hubungan kabel meter pada kaki transistor
Kegiatan diatas menyatakan bahwa kaki transistor yang terhubung tetap dengan salah satu kabel meter ialah basis. Bila kabel meter tersebut positif (+) maka transistor tersebut PNP dan bila kabel meter negatif (-) maka transistor tersebut NPN.
Untuk menentukan hubungan kolektor rubah batas ukur ohm meter menjadi R x 1000 / 1K.
Hubungkan kedua kabel meter masing-masing ke kedua kaki transistor lainnya, setelah kaki basis diketahui. Bila jarum meter menyimpang ke kanan maka :
  1. Untuk transistor jenis PNP , kaki transistor yang terhubung kabel meter positif (+)  adalah kolektor.
  2. Untuk transistor jenis NPN, kaki transistor yang terhubung kabel meter negatif (+) adalah kolektor



0 Comments:

blogger templates | Make Money Online